A. LATAR BELAKANG

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Maritim adalah semua aktivitas yang berkaitan dengan laut, seperti eksploitasi sumber daya kelautan dan perikanan, transportasi laut, pariwisata bahari, dll.

Sedangkan arti poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

B. RUMUSAN MASALAH


Diatas telah dijelaskan apa arti Indonesia sebagai poros maritim, seperti yang terlihat memang peran Indonesia ini sangat penting. Namun masalah apa saja yang Indonesia hadapi dengan gelar "Poros Maritim Dunia"?

1. Bagaimana letak Indonesia sebagai poros maritim?
2. Apa saja batas wilayah Indonesia?
3. Apa saja potensi laut yang tersedia?
4. Bagaimana program pemerintah dalam memanfaatkan SD tersebut?

C. PEMBAHASAN

1. BAGAIMANA LETAK INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM?

 
Indonesia memiliki posisi yang strategis yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Luas laut Indonesia sebesar 6.315.222 km persegi, dengan panjang garis pantai 99.093 km, dan 13.466 pulau. Sedangkan posisinya sendiri dibagi menjadi 3, yaitu:

Letak Astronomis Indonesia adalah 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur).

Letak Geografis Indonesia ditentukan berdasarkan posisi nyata dibanding posisi daerah lain. Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Letak Geologis Indonesia adalah letak suatu wilayah melihat keadaan geologinya. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dikategorikan menjadi 3 daerah, yaitu :
1. Daerah dangkalan Sunda
2. Daerah dangkalan Sahul
3. Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul

2. APA SAJA BATAS WILAYAH INDONESIA?




Lautan Indonesia memiliki batas sesuai dengan hukum laut UNCLOS. Disebutkan bahwa sebuah negara pantai berhak atas laut teritorial 12 mil laut, zona ekonomi eksklusif 200 mil, dan landas kontinen 350 mil lebih. Selain itu diatur juga apa yang dimaksud laut bebas dan laut kawasan. Lebar masing masing zona ini diukur dari garis pangkal yang dalam keadaannya merupakan garis pantai saat air surut terendah.

Sedangkan batas darat adalah:

1. Batas wilayah Negara Indonesia bagian utara

Di pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan Malaysia (Malaysia bagian timur) dan berarti Malaysia ini berbatasan dengan batas wilayah darat Indonesia.

Kalau batas lautnya mencakup lima negara yaitu : Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.


2. Batas wilayah Negara Indonesia bagian timur

Di bagian timur Indonesia, ada pulau Papua. Di wilayah timur ini, Papua berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini dan perairan Samudra Pasifik.

Biar Indonesia dan Papua Nugini tidak bingung mana batas negaranya, maka kedua negara ini menyepakati hubungan bilateral tentang batas-batas wilayah darat maupun laut.

Dari kesepakatan tersebut, maka disepakati kalau batas wilayah Indonesia di sebelah Timur yakni Provinsi Papua yang berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat  : Provinsi Barat (Fly), Provinsi Sepik Barat (Sandaun).



3. Batas wilayah Negara Indonesia bagian selatan


Kemudian kita lari ke sebelah selatan Indonesia. Untuk batas darat Indonesia, Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste. Untuk batas lautnya, ada Perairan Australia dan Samudera Hinda.

Oiya sebelum tahun 1999, Timor Leste sempat menjadi wilayah Indonesia yang disebut Provinsi Timor Timur. Namun akhirnya pada tahun 1999 ia memisahkan diri dari Indonesia untuk menjadi negara sendiri.


4. Batas wilayah Negara Indonesia bagian barat

Yang terakhir kita lanjut berlari ke barat, Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Perairan Negara India.

3. APA SAJA POTENSI LAUT YANG TERSEDIA?

Indonesia memiliki banyak sekali potensi laut yang tersedia, namun kadang kali kita berfikir kalau kita memiliki laut yang sangat luas mengapa kita masih mengimpor ikan? Maka dari itu kita harus mengenal apa saja potensi laut kita sendiri, seperti berikut:

1. Sumberdaya Ikan (SDI)

Tak dapat di pungkiri lagi bahwa lautan Indonesia memiliki sumberdaya ikan yang cukup kaya. Hal ini dapat di buktikan dari luasnya lautan Indonesia dan tingginya eksploitasi ikan di Indonesia. Setiap tahunnya Indonesia memproduksi perikanan tangkap sebesar 5 juta ton/tahun dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk total produksi perikanan setiap tahunnya mencapai 13 juta ton/tahun. Baik dari hasil penangkapan maupun budidaya. Padahal dalam perhitungan statistik Indonesia dapat memproduksi hasil perikanan mencapai 65juta ton/tahunnya. Sungguh kaya bukan negeri Indonesia tercinta kita. Akan tetapi mengapa masih banyak masyarakat kita terutama desa pesisir yang tergolong miskin?. Bukankah lautan kita cukup kaya sumberdaya?. Potensi perikanan inilah yang selayaknya terus di tingkatkan melihat besarnya potensi sumberdaya ikan yang tersedia. Agar masyarakat pesisir kita semakin sejahtera dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan laut kita.

2. Transportasi dan perhubungan

Sarana transportasi dan perhubungan merupakan kebutuhan manusia. Baik sarana laut, darat bahkan udara. Di negeri kita yang tercinta sangat berpotensi untuk mengembangkan sarana ini. Luasnya lautan kita, banyaknya hamparan pulau di negeri ini mengharuskan kita berfikir kembali untuk mengembangakan sarana transportasi air. Dengan memanfaatkan transportasi air kita dapat lebih menghemat biaya dan ramah lingkungan. Meskipun memang waktu yang dibutuhkan terbilang cukup lama. Berminat untuk mengembangkannya?

3. Wisata Bahari

Siapa yang tidak tertarik dengan wisata?. Pastinya semua orang menyukainya, selain untuk refrshing wisata juga dapat menjadi pendidikan alam yang luar biasa. Kekayaan laut di Indonesia menyimpan jutaan keindahan di dalamnya. Mulai dari ikan - ikan hias yang indah menawan, hamparan terumbu karang juga tumbuh bermekaran. Hampir di setiap sudut lautan Indonesia dapat di temukan keindahan bawah lautnya. Potensi ini perlu kita kembangkan lebih jauh dengan tetap menjaga kelestarian alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama desa pesisir.

4. BAGAIMANA PROGRAM PEMERINTAH DALAM MEMANFAATKAN SD TERSEBUT?


Tol Laut
Tol laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara.

Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Selain hal itu, pemerataan harga Logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia. Seperti dikutip dari pidato Presiden Jokowi, 5 April 2016 "Tol Laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun."

 
 

Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalialaut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.


D. KESIMPULAN

Jadi Indonesia memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam, selain karena lokasi dan letak yang sangat strategis namun juga karena sumber daya alam yang telah tersedia dari awal itu sendiri. Maka dari itu sudah sepatutnya kita melestarikan dan bahkan kalau bisa mengembangkan potensi potensi alam tersebut, sehingga Indonesia dapat menjadi negara maju tidak hanya berkembang terus.

Namun walaupun begitu, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui hal hal mengenai potensi alam Indonesia tersebut. Mereka masih berfikir secara tradisional, atau mungkin lebih tepatnya tidak peduli terhadap keadaan alam sekitar. Maka saran saya adalah, kita sebagai murid terutama yang belajar geografi sudah sepatutnya setidaknya memberitahu kepada mereka dan menyebar luaskan potensi potensi yang ada sehingga mereka menjadi peduli dan tidak merusak alam sekitar lagi.

sumber: wikipedia, google

Comments